Minggu, 10 Januari 2016

Jalan - Jalan di Griffith Observatory Los Angeles

Griffith Observatory (Los Angeles) merupakan taman observatorium dan planetarium yang berada di selatan Hollywood Mountain, 1134 ft di atas permukaan laut. Didirikan tahun 1935, tempat ini terbuka gratis untuk umum dari pukul 12.00 pm – 22.00 pm weekdays dan 10.00 am – 22.00 pm weekend, tutup setiap senin. Untuk pergi kesana, bisa menggunakan metro redline, turun di Vermont/Sunset, kemudian keluar di exit pintu sunset. Dari sana, masih harus dilanjutkan naik bus LA Dept Of Transport (LADOT) yang sayangnya hanya beroperasi saat weekend. Halte bus nya tepat berada di lampu merah perempatan jalan, tinggal tunggu saja bus dengan tulisan “To Observatory” di kaca depannya. Sekali naik tarifnya $ 0.50 untuk dewasa dan $ 0.25 untuk senior.

Griffith observatory

Bangunan Griffith Obervatory terdiri dari dua lantai. Di lantai atasnya terdapat Foucault Pendulum, Hall of the Sky Exhibits, Hall of the Eye Exhibits, dan Samuel Oschin Planetarium. Hall of the Sky Exhibit nya menyajikan banyak display interaktif mengenai proses terjadinya siang dan malam, pergantian musim, dan fase bulan, sedangkan Hall of the Eye Exhibits nya terdiri dari display interaktif tentang diorama langit, unsur kimia, termasuk segala macam sinar yang ada dan pengaruhnya bagi tubuh manusia. Semua display interaktifnya bisa dilihat dan dimainkan secara gratis, kecuali kalau mau nonton film di dalam planetariumnya, perlu bayar $7.

  
Hall of the eye exhibits
 
Foucault pendulum
Di lantai bawahnya terdapat Gunther Depths of Space Exhibits dan Edge of Space Exhibits yang sama sama menyajikan display interaktif mengenai sistem tata surya kita, lalu ada juga Leonard Nimoy Theatre yang tiap jamnya memutar film “The Once and Future Griffith Observatory” berdurasi 24 min mengenai sejarah observatorium, secara gratis. Terdapat pula sebuah CafĂ© besar dengan pemandangan Downtown Los Angeles, serta sebuah toko cinderamata untuk membeli oleh oleh.

Gunther depth of space exhibits

Keluar gedung observatoriumnya, kita bisa melihat pemandangan keren di kanan kirinya. Ada pemandangan bukit bukit , pemandangan kota Los Angeles, jalur trekking Mount Hollywood Trail, bahkan Hollywood Sign terlihat jelas dari atas sana. Makanya jangan heran kalau disana banyak turis yang berpose dengan latar Hollywood Sign karena memang disana merupakan salah satu spot terbaik untuk berfoto. Saking indahnya pemandangan di atas sana, tak jarang film Hollywood menggunakan tempat ini sebagai latar, sebut saja film Charlie’s Angels: Full Throttle (2003), Yes Man (2008), 90210, The Amazing Race starting line season 22nd, dan masih banyak lagi.

 

@williamkellye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar