Sabtu, 06 Januari 2018

Ada Apa di Vientiane?



Vientiane. Gue yakin nama kota ini masih asing di telinga sebagian besar orang Indonesia. Salah2, banyak yang bilang ini ibukotanya negara Vietnam. Secara namanya sama2 diawali huruf V. Tapi sejatinya Vientiane adalah ibukota negara Laos. Negara yang di kanannya berbatasan dengan Vietnam, kirinya dengan Myanmar, atasnya dengan China, dan bawahnya dengan Thailand & Kamboja.


Banyak turis yang malas berkunjung ke Vientiane. Katanya kotanya "boring". Kalau bukan karena urusan visa/bisnis, mereka tidak akan datang kesana.

 

Well itu kan kata mereka. Kalau kata gue Vientiane is not just a big city. There is something special about this city.


Memang kotanya cuman punya 1 shopping mall. Jalanannya berdebu dan bolong2 maut. Hujan dikit langsung banyak genangan air. Tulisannya jelimet, bahasanya ribet, dan susah banget ketemu orang yang bisa bahasa inggris.


Tapi saat gue mengelilingi kotanya naik tuk2, gue malah tersenyum melihat kehidupan sehari2 warga lokalnya. Mereka tampak damai dan enjoy their life. Tidak ada kemacetan berarti, tidak ada suara bising klakson, tidak ada ketergesa-gesaan layaknya hidup di kejamnya ibukota.


Berjalan-jalan di Vientiane sudah pasti agendanya adalah temple hopping. Tempat pertama yang tidak boleh terlewat adalah That Luang. Bangunan yang menjadi icon dari Laos dan paling banyak dikunjungi turis.


Di kawasan ini banyak juga terdaat bangunan2 khas arsitektur Laos.


Kalau masih ada waktu, mesti berkunjung juga ke Wat Sisaket.


Temple ini langsung mencuri perhatian gue dengan keunikan arsitektur serta detail bangunannya.


Jangan lupa juga nongkrong sore di Patuxai. Monumen gerbang kemenangan ini dibangun mirip seperti Arc De Triomphe di Paris. Jadi boleh lah foto2 disini dulu kalau belum kesampean sampai di Paris.


Dan tidak ada tempat selain di Sungai Mekong, spot terbaik melihat sunset di Vientiane.

Well, Vientiane is not just another big city afterall. And you should experience it to understand.

Instagram: @Williamkellye

1 komentar:

  1. mas saya mau tanya, penginapan murah di amsterdam dmna yg bisa deket ke city center? ada recom ga ? terimakasih.

    BalasHapus