Kamis, 04 Januari 2018

Chateau de Versailles. Istana cantik di pinggiran kota Paris.



Siapa pun yang pertama kali berkunjung ke Paris pasti akan menyempatkan diri untuk mengujungi Menara Eiffel. Tapi tidak semua first timer berkunjung ke Chateau de Versailles, istana cantik di pinggiran kota paris. Padahal istananya bagus bagus amat dan termasuk dalam salah satu UNESCO World Heritage Site.


Chateau de Versailles Dapat dicapai sekitar 1-1,5 jam dari pusat kota Paris tergantung dari mana kita memulainya. Memang lokasinya jauh dan kesananya ribet. Tapi itu semua akan setimpal dengan keindahan dan kemegahan istananya


Cara termurah ke Chateau de Versailles adalah dengan naik RER-C atau kereta komuternya Parisian. Jadi dimanapun kita berada, kita mesti naik Metro dulu untuk tiba di stasiun intersection antara Metro dan RER-C. Lalu beli tiket RER-C tujuan Versailles Rive Gauche.

Ingat ada 3 stasiun dengan nama Versailes tapi hanya stasiun Versailes Rive Gauche lah yang benar dan paling dekat dengan pintu masuk Chateau de Versailles.

Sampai di stasiun Versailles Rive Gauche, kita tinggal berjalan kaki 15 menit menuju Chateau de Versailles. Jangan khawatir kesasar karena petunjuknya banyak dan jelas.

Selama perjalanan, kita akan disuguhi bangunan2 cantik di kanan kirinya. Jadi tidak bakalan bosan.


Sampai di Gerbang Masuk Chateau de Versailles, antrian masuknya sudah panjang mengular. Kalau sudan beli tiketnya secara online, bisa langsung mengantri. Kalau belum, mesti beli dulu di loketnya yg berada d bangunan sebelah kiri.


Rasanya saya sudah pagi pagi berangkat dari Paris, sekitar pukul 8. Tapi tetap saja sudah panjang antriannya. Mungkin harus lebih pagi.


Btw, Ini antriannya selain untuk pemeriksaan karcis masuk juga barang2 bawaan.


Sampai di dalam istana, langsung terpukau dengan bilik bilik bangunannya. Mevvah dan glamor. Tidak ada satu ruangan pun yang tidak bikin wow.


Dari semua ruangan, Hall of Mirror adalah favorit saya. Saya bisa membayangkan bagaimana dulunya para bangsawan berpesta semalam suntuk di ruangan ini. Dan saking populernya, ruangan ini yang paling ramai dipadati turis.


Rasanya istana ini terlalu besar dan terlalu banyak cerita untuk kunjungan 2-3 jam. Kalau kesini paling tidak harus setengah hari supaya benar-benar puas.


Persis di belakang istana, tersapat taman cantik Garden de Versailles. Sayang karena keterbatasan waktu saya tidak sempat mampir kesana. Mungkin ini pertanda kalau saya harus kesana lagi untuk kali kedua. Amin.


Dan saya pun kembali ke pusat kota Paris menggunakan rute yang sama persis seperti saat berangkat tadi. Au Revoir Chateu de versailes. A tout a l’heure!

 

Instagram : @williamkellye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar