Sabtu, 06 Januari 2018

Sehari di Jaipur



Ada apa sih di Jaipur? Worth it gak sih kesana? Sehari aja cukup?


Well gue cuman punya waktu 1 hari di Jaipur. Cukup gak cukup, mesti dibikin cukup.

Andaikan cuti gue masih banyak, pasti gue akan menghabiskan paling tidak 2 hari disana. Soalnya banyak banget tempat2 keren di Jaipur.

Gue aja jadi nyesel karena cuman sempet dateng ke sebagian tempat aja. Tapi paling enggak, tempat2 mainstream di Jaipur berhasil gue datangi.

Pas di Jaipur gue nginep di hostel namanya Zostel Jaipur. Lokasinya super strategis, di tengah kota, dengan rate gak lebih dari 100rb permalam. Kamarnya bersih, ber AC, meskipun kamar mandinya sharing di luar. Tapi tetap bersih.

Common room-nya luas, cozy, dan asik buat leyeh2. Ada dapur, ruang makan outdoor, smoking room, lengkap pokoknya.

Resepsionisnya juga supel dan helpfull. Memberikan gue peta gratis, tips and trick naik tuk2 biar murah, serta warning tentang beragam macam scam yang common di Jaipur, supaya nantinya gue enggak kena tipu.

Karena Zostel Jaipur lokasinya persis di pusat kota, kemana-mana juga deket. Ke Hawa Mahal tinggal ngesot. Ke City Palace tinggal jalan 10 menit sampai.

Cari makan juga gampang. Restoran Veggie dan non-Veggie banyak tersebar di depan hostel. Tinggal pilih yang cocok di lidah dan pas di kantong.

Lokasi, harga, dan fasilitas, semuanya the best. Pantes aja Zostel Jaipur menang sebagai the best hostel di Jaipur. Recommended pokoknya.

Sehari di Jaipur, gue langsung pergi ke Hawa Mahal pagi2. Jam 7 pagi disana, tempatnya masih sepi dan belum buka. Rencananya gue mau sarapan di salah satu cafe yang persis menghadap hawa mahal. Tapi belum pada buka juga semuanya. Daripada sia2, gue nekat masuk ke cafe nya dan duduk2 di balkonnya sambil menikmati pagi. Gratis ya, gak perlu pake order makan/minuman.


Karena hari ini bakalan panjang dan melelahkan, maka gue butuh sarapan super. Gue balik lagi ke hostel, bayar 100 rupee buat sarapan sepuasnya. Terus sewa tuk2 ke Amber Fort.

Kata resepsionis hostel, kalau kita cuman bisa memilih 1 tempat untuk dikunjungi di Jaipur, Amber Fort lah jawabannya. Dan gue setuju sepenuhnya. Karena Amber Fort memang bagus-bagus amat.


Dari hostel perjalanan kesana sekitar 30 menit. Amber Fort sendiri terletak di puncak bukit. Dari tempat parkiran tuk2, ada 2 pilihan untuk naik ke atas. Jalan kaki atau naik gajah.


Karena ini hari terakhir dan duit gue pas2-an, maka gue memilih buat jalan kaki ke atas. Not that bad actually. Gak terlalu cape juga. Cuman mesti hati2 aja melangkah sama kotoran gajah yang besar2.


Sampai di pintu masuknya, beli tiket, terus muter2 di dalam dua jam. Dari Amber Fort bisa terlihat juga Jaigarh Fort yang tampaknya terlihat dekat, tapi aslinya jauh. Gak bisa juga kesana jalan kaki, mesti naik tuk2.

Dari Amber Fort, gue balik lagi ke pusat kota Jaipur. Tapi gue sempetin mampir sebentar ke Jal Mahal, atau Water Palace.


Seperti namanya, istana ini berdiri di tengah danau. Untuk masuk kesana mesti naik perahu.


Gue cuman nongkrong sebentar di parkiran tuk2 Jal Mahal. Beli soda, terus lanjut balik ke Jaipur.

Kali ini gue minta diturunin di Hawa Mahal buat makan siang with the view di cafe depan Hawa Mahal. Surprisingly enggak banyak orang dan gue bisa berlama2 disana tanpa harus takut diusir. Karena memang meja dan bangkunya terbatas.


Selepas makan siang, gue jalan jalan di seputaran Hawa Mahal. Keluar masuk toko, cari pernak pernik dan beli souvenir. Lalu balik ke hostel buat istirahat sebentar karena di luar puanas poll !!!!

Menjelang sore, gue sewa tuk2 ke Nahargarh Fort untuk melihat sunset. Konon katanya Nahargarh Fort itu tempat paling oke melihat moment matahari terbenam di Jaipur. Gue sih percaya2 aja.


Ternyata lokasinya jauh banget dari pusat kota. Naik tuk2 rasanya enggak sampai2. Ada kali sejaman perjalanan kesana. Jalannya muter2, naik turun bukit.

Khawatir bakal ketinggalan sunset, saya malah datang tepat pada waktunya. Sayang waktu itu mataharinya ketutupan awan tebal. Jadi kurang maksimal pemandangannya. Tapi tetap keren kok.


Puas melihat golden sunset, gue balik lagi ke Jaipur. Ambil ransel terus cabut ke Airport untuk penerbangan balik ke Jakarta. Dan berakhir pula petualangan gue di India.

Sekalipun terasa singkat tapi gue puas dengan tempat2 yg berhasil gue datengi. Memang gue belum sempat ke City Palace, ke Albert Hall, dan ke Jaigarh Fort. Yah mungkin ini pertanda kalau harus ke Jaipur lagi. Hehe. See you again the incredible india.

Instagram: @williamkellye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar