Kamis, 22 Februari 2018

Ini Dia, Desa Tercantik di Indonesia



Cantiknya Desa Adat Penglipuran di Bangli. Siapapun yang pernah berkunjung kesana, pasti akan setuju jika desa ini merupakan desa tercantik di Indonesia.

 

Desa Adat Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, atau sekitar 1.5 jam berkendara dari Kuta (55 km)

Berada di ketinggian 600-700 m di atas permukaan laut, Desa Adat Penglipuran menawarkan hawa sejuk dataran tinggi.

 

Luas Desa Adat Penglipuran sekitar 112 Ha. Terdiri dari 37 Ha hutan bambu, 49 Ha lading pertanian, dan 12 Ha perumahan penduduk.

 

Desa Adat Penglipuran menjadi contoh desa wisata pertama di Indonesia tahun 1995

 

Keunikan Desa Panglipuran ada pada arsitektur bangunan rumah disana yang kental dengan nuansa Bali.

 

Konsep menyatu dengan alam menjadi ciri utamanya terlihat dari penggunaan material bambu dan batu bata di hampir seluruh kunstruksi bangunannya.

Keunikan lainnya ada pada budaya penduduk desa yang menghormati wanita karena ada tradisi yang melarang pria untuk berpoligami, jika ketahuan akan dikucilkan dari desa.



Kalau berkunjung kesana, jangan sampai lupa untuk mencoba minuman tradisional loloh cemceman yang memiliki rasa seperti tape dan berkhasiat seperti jamu.

 

Selain loloh cemceman, disana banyak dijual juga souvenir khas Bali seperti uden bali, baju tradisional Bali, dan pernak-pernik lainnya

 

Kunjungan ke Desa Adat Penglipuran Bali ini kembali mengingatkan saya betapa indahnya Indonesia serta betapa kayanya budaya dan adat istiadatnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar