Minggu, 23 Juni 2019

8 TEMPAT GRATIS DI SINGAPURA

Bisa dibilang Singapura merupakan negara favorit bagi sebagian besar orang Indonesia untuk berlibur. Jaraknya yang dekat, harga tiket pesawat yang terjangkau, serta banyaknya penerbangan langsung dari kota-kota besar di Indonesia membuat perjalanan ke Singapura semakin mudah. Tercatat ada 3 juta orang Indonesia berkunjung ke Singapura pada tahun 2018.

Saya sendiri sudah beberapa kali berlibur ke Singapura. Dari transit beberapa jam hingga paling lama 10 hari jalan-jalan disana. Nah karena saya anaknya doyan gratisan, 8 tempat gratis berikut mungkin bisa jadi referensi selama jalan-jalan di Singapura. Check it out!

1. LIBRARY AT ORCHARD


Perpustakaan modern dengan desain minimalis serba putih. Terletak di Orchard Gateway lantai 3 dan 4. Cocok didatangi untuk sekedar membaca majalah supaya update gossip terkini, menumpang wifi+charger buat kamu yg fakir wifi, atau meluruskan kaki setelah lelah mencari diskonan di Orchard Road.

Buka setiap hari. 11 AM - 21.00 PM
MRT terdekat Somerset MRT


2. GARDEN BY THE BAY


Selamat datang di masa depan! Inilah Garden by the Bay, taman futuristik seluas 250 hektar yang mirip seperti film Avatar.

Pagi, siang, malam, rasanya tidak akan pernah bosan berkunjung kesini. Apalagi saat pertunjukkan lampu, musik, dan cahaya dimainkan pada pukul 19.45 PM dan 20.45 PM setiap harinya. Pas banget spotnya buat lokasi pacaran malem2. Sayang saya jomblo.

MRT terdekat Bayfront MRT


3. HAJI LANE


Jalanan paling bewarna seantero Singapura. Dengan beragam mural keren di kanan kirinya. Dijamin instagram kamu akan semakin "colourfull" dan bakal punya banyak stok Profile Picture setelah main kesini.

Jangan lewatkan juga buat mampir ke Masjid Sultan. Masjid paling terkenal di Singapura dengan kubahnya yang kuning keemasan, berada persis di samping Haji Lane. Sekali jalan, 2 tempat tersambangi.

MRT terdekat Bugis MRT



4. PEOPLE'S PARK COMPLEX


Aslinya sebuah gedung tempat tinggal bergaya tahun 1970an di daerah Chinatown. Arsitekturnya yang unik serta warnanya yang kuning "ngejreng" membuat tempat ini gampang dikenali dari kejauhan.

Sayangnya aktivitas berbau fotografi baru-baru ini dilarang disana karena dirasa mengganggu privasi dan ketenangan. Jadi kalau mau foto-foto mesti mengurus permit/ijin foto terlebih dahulu. Kecuali kamu pura-pura tidak tahu/amnesia seperti saya.

MRT terdekat Chinatown MRT


5. MERLION PARK


Kalau berkunjung ke Singapura, WAJIB hukumnya berfoto dengan Merlion yang berbentuk setengah singa, setengah ikan. Di Singapura sendiri ada 4 lokasi untuk melihat Merlion: Sentosa Island, Mount Faber, Orchard Spring Lane, dan Merlion Park.

Favorit saya sudah jelas Merlion Park yang berada persis di depan hotel Fullerton dengan pemandangan langsung Marina Bay Sands. Inilah yang disebut "millions dollar view" (melihat bangunan seharga jutaan dolar: Marina Bay Sands)

MRT terdekat Raffles Place



6. OLD HILL STREET POLICE STATION


Siapa sangka gedung 6 tingkat bewarna-warni ini dulunya bekas kantor polisi. Dibangun tahun 1934 dengan dana tidak sedikit (USD 494,000), boleh dibilang Old Hill Police Station adalah kantor polisi paling instagramable seantero Singapura. Cocok buat background foto ootd-an, jadi kamu bisa hemat ongkos sewa studio.

MRT terdekat Clarke Quay


7. FORT CANNING


Kesini karena pernah melihat foto orang di internet dengan latar sebuah taman dan dinding berlubang di bagian atasnya. Ternyata lokasinya dekat Orchard, berada di pusat kota, dan dulunya menjadi saksi bisu banyak peristiwa bersejarah di Singapura, seperti lokasi dimana Inggris menyerah pada Jepang tahun 1942.

MRT terdekat Dhobi Ghaut MRT


8. SUN FLOWER GARDEN AT CHANGI AIRPORT


Lokasi gratis terakhir ada di Changi Airport. Daripada bingung mau kemana saat menunggu boarding time yang tak kunjung tiba, bisa segera melipir ke taman bunga matahari di lantai 3, Terminal 2, Changi Airport. Dijamin waktu akan cepat sekali berjalan karena kamu bakal sibuk jepret sana jepret sini. Tiba-tiba sudah last call dan kamu nyaris ketinggalan pesawat.


ADDITIONAL INFORMATION

  • Saya ke Singapura naik Airasia. Beli saat free seat. Jakarta - Singapura : Rp 150.000 sekali jalan. Pulangnya saya lewat Kuala Lumpur. Dari Singapura ke Kuala Lumpur naik Starmart Express SGD 20.
  • Karena solo traveling, saya menginap di hostel supaya murah meriah. Di Beary Best! Hostel daerah Chinatown. IDR 300,000/malam/bed
  • Kalau mau tips jalan2 lainnya bisa mampir di highlight instastory saya @williamkellye


Instagram : @williamkellye
https://www.instagram.com/williamkellye/

#Travel #Backpacking #Explore #Wanderlust #Destination #Williamkellye #Solotravelling #Singapore #ChangiAirport #Merlion #MarinaBay


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JALAN - JALAN DI SEOUL KOREA - PART 1

Kalau ditanya pilih Jepang atau Korea, saya pilih Jepang. Tapi kalau ditanya pilih Tokyo atau Seoul, jelas saya pilih Seoul! Saya bukan...