Selasa, 24 Maret 2020

JALAN-JALAN DI FILIPINA - PART 5 : CORON ISLAND HOPPING

Hari ketiga di Coron, mulanya saya berencana untuk ikutan paket one day tour melihat dan snorkeling bareng sea cow/dugong. Konon katanya dugong watching di Coron ini memiliki tingkat keberhasilan yang paling tinggi di dunia. Artinya besar kemungkinan kita bisa snorkeling (dan bahkan diving) bareng Dugong.

Di downtown Coron ada banyak travel agent yang menyediakan paket tour ini dengan 1 harga. Inilah yang saya suka dari Coron. Selain menawarkan banyak macam paket tour, harga tour-nya juga sudah di regulasi oleh pemerintah lokal dengan tarif yang jelas dan transparan. Jadi jangan khawatir, tidak bakal kena scam atau kena "getok harga". Untuk pemesanannya juga tidak perlu booking dari jauh-jauh hari. Cukup pesan on the spot sehari sebelumnya. 

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya putuskan untuk cancel paket snorkeling bareng dugong dan lebih memilih paket island hopping karena saking cintanya sama keindahan landscape serta bawah lautnya Coron. Dan lagi-lagi saya booking paket tournya secara last minute. Saya baru baru mencari dan pesan paket tour dari travel agent pukul 7.45 pagi, lalu pukul 8.30 nya saya sudah di jemput di hostel. Walaupun semua serba dadakan tapi semuanya berjalan lancar. Salut deh sama pariwisata di Coron.

JALAN-JALAN DI FILIPINA - PART 1 : 6 JAM TRANSIT DI SINGAPURA
JALAN-JALAN DI FILIPINA - PART 2 : 24 JAM TRANSIT DI CEBU DAN OSLOB
JALAN-JALAN DI FILIPINA - PART 3 : CORON ULTIMATE TOUR
JALAN-JALAN DI FILIPINA - PART 4 : CALAUIT SAFARI PARK
JALAN-JALAN DI FILIPINA - PART 5 : CORON ISLAND HOPPING

ISLAND HOPPING ITINERARY


Saya pesan paket tour B seharga PHP 1,400 yang itinerary-nya mencakup 6 tempat berikut:
  1. Barracuda Lake
  2. Twin Lagoon
  3. Lunch di Banol Beach
  4. Snorkeling di Reef Garden
  5. Snorkeling di Skeleton Wreck
  6. Cyc Beach
Saya sengaja pilih paket tour B karena ada Barracuda Lake di itinerary-nya. Twins Lagoon, Kayangan Lake, dan Barracuda Lake merupakan 3 destinasi wajib dikunjungi di Coron. Makanya saya bela-belain pilih paket tour ini yang ada Barracuda Lake-nya. Biarpun harus mengunjungi Twins Lagoon kali kedua tapi saya tidak keberatan karena memang sebagus itu tempatnya. 

Dalam tur kali ini, grup saya terdiri dari 9 orang. 1 pasangan lokal asal Filipina, 2 turis asal Yunani, 1 turis asal UK, 1 turis asal Prancis, 2 turis kakak beradik asal Chile, dan saya tentunya. Ini juga alasan kenapa saya suka ikutan paket tour seperti ini karena bisa ketemu macam-macam orang dari berbagai negara dan benua.

Highlightnya ada 3: Barracuda Lake, Twins Lagoon (again), dan lunch di Banol Beach. 



BARRACUDA LAKE


Dinamakan Barracuda Lake karena dulunya pernah ditemukan seekor ikan Barracuda besar disana. Barracuda Lake ini tempat diving yang cukup terkenal di dunia. Bukan karena keindahan bawah lautnya tapi sensasi menyelam yang ditawarkannya. Suhu airnya berangsur-angsur berubah dari 28 derajat celcius di bagian permukaannya, hingga 38 derajat celcius pada kedalaman 14 meter. Hal ini terjadi akibat campuran antara fresh water di bagian atas dan salt water di bagian bawahnya. Sehingga menciptakan aliran panas-dingin "thermocline".




TWINS LAGOONS


Twin Lagoons terdiri dari 2 laguna yang dihubungkan oleh sebuah celah yang saat pasang akan tertutup, jadi kita mesti menyelam untuk melewatinya. Atau bisa juga naik tangga kayu terjal dan licin yang sudah disediakan. Pemandangan di kanan kiri Twin Lagoons didominasi bukit-bukit karst hijau dengan warna air hijau zamrud. Landscapenya mirip seperti Wayag di Raja Ampat.




BANOL BEACH


Tempat kami menghabiskan makan siang di sebuah pondok pinggir pantai. Yang bikin spesial dari tempat ini karena pantainya luar biasa indah. Pasir pantainya putih dan airnya bewarna hijau toska. Cukup berjalan beberapa meter dari bibir pantainya, terdapat hamparan coral bewarna-warni. Dan berenang agak jauh kesamping, terdapat spot diving "Skeleton Wreck". Dimana terdapat bangkai kapal Jepang yang tenggelam akibat Perang Dunia 2.




- BERSAMBUNG -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JALAN - JALAN DI SEOUL KOREA - PART 1

Kalau ditanya pilih Jepang atau Korea, saya pilih Jepang. Tapi kalau ditanya pilih Tokyo atau Seoul, jelas saya pilih Seoul! Saya bukan...