Sabtu, 21 Maret 2020

JALAN-JALAN DI FILIPINA - PART 3 : CORON ULTIMATE TOUR

Coron sering disebut-sebut "Raja Ampatnya" Filipina. Landscape-nya yang didominasi bukit-bukit karst, pantai pasir putih, dan kombinasi perairan dangkal hijau toska dan laut dalam biru tua, benar-benar mengingatkan saya akan Wayag dan Misool di Raja Ampat. Bedanya, akses menuju Coron jauh lebih mudah dan jauh lebih murah ketimbang pergi ke Raja Ampat.

Coron masuk ke dalam wilayah Kepulauan Palawan bersamaan dengan El Nido dan Puerto Princesa. Terletak di ujung utara Kepulauan Palawan, Coron dapat dicapai naik boat 15 jam dari Manila atau 3.5 jam naik fast boat/7 jam naik fast boat dari El Niso. Paling praktis memang naik pesawat kesana dari kota-kota besar di Filipina seperti Cebu, Manila, Puerto Princesa, dan Clark.



CEBU KE BUSUANGA (CORON)


Dari Cebu saya naik pesawat Phillipines Airlines menuju Busuanga, gerbang masuk ke Coron. Saya sengaja ambil penerbangan paling pagi supaya tidak rugi waktu. Jadi begitu sampai, bisa langsung ambil paket island hopping dan mengeksplor keindahan Coron.

Bandara Francisco B. Reyes (USU) di Busuanga ukurannya kecil dengan tampilan serba sederhana. Mirip seperti bandara Sorong yang lama. Tidak ada conveyor belt di Bandara Busuanga. Jadi bagasi para penumpang masih diangkut secara manual dan dikumpulkan ke dalam satu ruangan, lalu kita mesti ambil sendiri bagasi masing-masing.

Kelar urusan bagasi, saya kemudian naik minivan seharga PHP 150 menuju downtown Coron. Tinggal sebutkan saja alamat dimana kita menginap, sopirnya akan mengantarkan kita persis ke depan penginapan. Lama perjalanan sekitar 45 menit.



DAYON HOSTEL


Di Coron saya menginap di Dayon Hostel dengan harga permalam PHP 593. Hostel ini baru saja dibuka sehingga kamar dan perabotannya serba baru. Letaknya memang di ujung jalan utama, jadi kalau mau ke pusat kota mesti jalan kaki dulu 15-20 menit. Tapi saya tidak keberatan karena Dayon Hostel ini bersih, harganya murah, dan resepsionisnya cekatan.

Sekalipun saya tiba pukul 8 pagi dan belum bisa check in, resepsionisnya mempersilahkan saya untuk sarapan pagi gratis. Dia juga berusaha membookingkan saya paket tour island hopping di hari yang sama. Padahal turnya akan dimulai pukul 9 pagi atau 1 jam dari saat saya tiba di hostel. Salut deh sama resepsionisnya. Karena usahanya, hari pertama saya di Coron jadi tidak terbuang percuma.




CORON ULTIMATE TOUR


Paket island hopping yang saya ambil harganya PHP 1,500, sudah termasuk sewa kapal, makan siang, life jacket, snorkeling gear, jasa pemandu, dan tiket masuk wisata. Tur dimulai seharian, dari pukul 9 pagi dan berakhir sekitar jam 6-7 malam.

Saat itu saya 1 grup dengan 2 orang turis lokal Filipina, 2 turis asal Australia, dan 2 turis asal Romania. Total kami ber 7 dalam 1 boat, ditambah 1 orang boat master dan 1 orang pemandu.

Ada 6 tempat yang kami kunjungi:
  1. Snorkeling di Siete Pecados Marine Park
  2. Kayangan Lake
  3. Lunch di Calachuchi Beach
  4. Twin Lagoons
  5. Snorkeling di Skeleton Wreck
  6. Cyc Beach

Highlight dari tour ini sudah pasti Kayangan Lake dan Twin Lagoon yang memang menjadi ikon dari Coron.

Kayangan Lake merupakan 1 dari 8 danau yang ada di Pulau Coron. Danau ini disebut-sebut sebagai danau terbesih se-Filipina, dengan 70 persen fresh water dan 30 persen sea water. Untuk tiba di Kayangan Lake, kita diharuskan menaiki dan menuruni total 300 anak tangga terlebih dahulu. Di tengah trekking, kita akan menemukan view point deck dimana banyak pengunjung mengambil foto "classic Coron shot" dari atas sana.

Sementara Twin Lagoons terdiri dari 2 laguna yang dihubungkan oleh sebuah celah yang saat pasang akan tertutup, jadi kita mesti menyelam untuk melewatinya. Atau bisa juga naik tangga kayu terjal yang sudah disediakan. Visibility di Twin Lagoons terkadang keruh karena tempat pencampuran aliran air tawar dan air laut. Hal ini pula yang mengakibatkan banyak titik thermocline.

Berikut ini keseruan saya di hari pertama saat mengikuti Coron Ultimate Tour.


SIETE PECADOS MARINE PARK




KAYANGAN LAKE






TWIN LAGOONS




- BERSAMBUNG -


Instagram : @williamkellye
https://www.instagram.com/williamkellye/

#Travel #Backpacking #Explore #Wanderlust #Destination #Williamkellye #Solotravelling 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JALAN - JALAN DI SEOUL KOREA - PART 1

Kalau ditanya pilih Jepang atau Korea, saya pilih Jepang. Tapi kalau ditanya pilih Tokyo atau Seoul, jelas saya pilih Seoul! Saya bukan...