Jumat, 22 Maret 2019

8 TIPS HEMAT DI SYDNEY AUSTRALIA

Setelah berkunjung ke lebih dari 30 negara, saya berpendapat kalau negara Eropa Barat, Amerika, dan Australia adalah negara-negara dengan biaya hidup termahal yang pernah saya datangi. Makanan, akomodasi, transportasi, semuanya serba mahal. Apalagi kurs rupiah yang tidak kuat-kuat amat. Kalau tidak disiasati bisa bangkrut dalam sekejap!

Untuk itu dalam postingan kali ini saya ingin berbagi 8 TIPS HEMAT berlibur di Sydney, Australia. Salah satu kota paling mahal di dunia. Karena percayalah, dolar kalian akan gampang sekali menguap di Australia jika tidak jeli dan selektif dalam membelanjakannya.


1. Tukar rupiah ke dolar Australia saat di Indonesia


Jangan sekali-kali menukarkan rupiah ke dolar Australia di negara kanguru. Sudah kurs rupiah tidak terlalu kuat, makin dikebiri kursnya karena tidak laku. Paling baik memang menukarkan rupiah di money changer di Indonesia atau mall-mall besar ibukota. Kurs sesuai harga pasar, tidak ada komisi, dan bisa di nego untuk penukaran jumlah besar.

Beberapa orang juga memiliki kebiasaan membawa dolar Amerika untuk ditukarkan di negara tujuan. Secara dolar Amerika stabil jadi kursnya tidak banyak berubah. Saya pribadi pernah iseng-iseng menukarkan dolar Amerika ke dolar Australia saat berada di Sydney Airport. Kursnya memang lumayan, tapi saya rugi karena dipotong komisi!

Alternatif lainnya, ambil uang via atm. Tapi cara ini tetap rugi karena setiap penarikan harus dipotong biaya administrasi dan kurs yang terkadang merugikan. Nah tetap saja kan cara klasik tukar uang di money changer tetap lebih hemat! Asal jangan berlebihan karena nanti bisa rugi saat ditukar balik ke rupiah.

2. Jangan naik kereta bandara, naiklah bus dan metro


Bandara Sydney hanya berjarak 20 menit dari pusat kota. Tapi harga tiketnya bisa AUD 18 karena mesti bayar pajak bandara AUD 14. Supaya hemat naiklah bus 400 turun di Mascot Station. Cuman perlu bayar AUD 3. Lalu lanjut naik metro menuju downtown/akomodasi. Dengan cara ini kita bisa hemat sampai AUD 12.






3. Bawa botol minum, isi ulang dengan tap water


Saya sempat shock saat membeli air kemasan 600ml di minimarket pinggir jalan. Karena tidak ada label harganya saya berasumsi paling mahal juga 3 dolar. Ternyata saya salah. Harganya 5 dolar something. Ebuset, air minum kemasan kok harganya lebih mahal daripada burger McD. Sejak saat itu saya kemana-mana selalu membawa botol minum dan mencari tap water untuk isi ulang.


4. Cari hostel yang menyediakan sarapan


Kalau sedang solo traveling, paling murah memang menginap di hostel. Tapi menginap di hostel paling murah tidak selalu menjadi solusi. Terkadang hostel murah tidak mencover free breakfast. Carilah hostel yang sudah termasuk sarapan pagi sekalipun 2-3 dolar lebih mahal. Karena kita bisa hemat waktu, hemat uang, tidak ribet membeli/menyiapkan sarapan, dan bakal kuat jalan seharian.




5. Tunda lapar


Sekali makan di Sydney bisa bekisar 5-10 dolar. Itupun biasanya junk food. Sekali dua kali masih oke makan burger-burgeran dan kentang goreng. Tapi lama-lama perut Indonesia ini minta nasi. Saya pun menemukan cara praktisnya tanpa harus ribet masak-memasak. Yaitu dengan membeli lunch box di atas jam 3 sore. Karena pada jam-jam tersebut banyak lunch box di diskon 30-50%. Favorit saya sudah pasti salmon sushi set. Enak dan mengenyangkan. Biasanya saya beli 2 lunch box sekaligus. 1 untuk makan siang, 1 untuk makan malam. Tenang saja, tidak selapar itu kok menunggunya. Karena Sydney 4 jam lebih cepat dari Jakarta. Jadi saat di Sydney pukul 4 sore, di Jakarta baru pukul 12 siang. Saat yang pas untuk makan siang.






6. Maksimalkan hari Minggu


Setiap hari Minggu, transportasi publik menerapkan tarif USD 2.7 untuk pemakaian tidak terbatas naik bus, kereta, trem, dan ferry, menggunakan OPAL card. Maka dari itu maksimalkan keuntungan ini untuk mengunjungi tempat yang jauh-jauh seperti ke Blue Mountains atau ke Morrisett Park. Karena lumayan (mahal) banget harga tiket keretanya jika dibeli di hari normal.


7. Kunjungi objek wisata gratisan


Meski Sydney kota mahal tapi ternyata ada banyak objek wisatanya yang FREE. Siapa sih yang tidak suka gratisan? Dimulai dari museum, ada beberapa museum keren yang tidak menarik biaya masuk seperti White Rabbit Gallery, Manly Art Museum, dan the Rock Discovery Museum. Jalan-jalan di Sydney Opera House, Sydney Botanical Garden, dan Sydney Harbour Bridge juga gratis. Sore harinya menonton sunset spektakuler dari Mrs Macquaries Chair lalu dilanjut nonton kembang api di Darling Harbour lagi-lagi gratis.


8. Ikutan Sydney free walking tour


Cara termudah untuk mempelajari sejarah Sydney dan lebih mengenal kotanya adalah dengan ikutan Sydney free walking tour. Walaupun tulisannya free tapi etikanya kita memberi sumbangan sukarela berdasarkan service dan pengalaman yang didapat. Tur ini diadakan 3x sehari. Pukul 10.30 dan 14.30 dengan meeting point di Town Hall. Durasinya 2.5-3 jam. Sementara pukul 18.00 meeting point-nya di Cadman Cottage (daerah the Rock) dengan durasi 1.5 jam. Untuk registrasi silahkan mendaftar online via www.imfree.com.au







1 komentar:


  1. Thanks infonya. Oiya, ngomongin hemat, saya juga nemuin artikel keren nih yang ngebahas tentang cara mudah agar bisa hidup hemat. Cek langsung di sini ya: Mindset yang harus kamu miliki kalau mau hidup hemat

    BalasHapus

JALAN - JALAN DI SEOUL KOREA - PART 1

Kalau ditanya pilih Jepang atau Korea, saya pilih Jepang. Tapi kalau ditanya pilih Tokyo atau Seoul, jelas saya pilih Seoul! Saya bukan...