Selasa, 19 April 2016

Jalan - Jalan di Tokyo Part 1 (Haneda Airport)

Hari pertama liburan di Jepang kami habiskan untuk perjalanan non-stop dari Jakarta ke Tokyo dengan sekali transit di Kuala Lumpur. Bagasi sudah dilabeli fly-through, artinya kami tidak perlu repot-repot mengambil bagasi di Kuala Lumpur dan melakukan check-in ulang. Bagasi langsung dapat diambil di Haneda Airport, Jepang.

Namanya juga maskapai budget, benar-benar minimalis fasilitasnya. Basic ticket hanya mencover tiket pesawat dan airport tax, tidak termasuk makan, minum, bagasi, asuransi, apalagi in-flight entertainment. Untungnya saya sudah sekalian memesan makan jauh-jauh hari serta membawa ipad jadi tidak terlalu mati gaya di pesawat. Paling tidak ada aktifitas yang saya lakukan dalam 8 jam perjalanan menjemukan Kuala Lumpur menuju Tokyo.

Pukul 11 malam, pesawat kami mendarat di Haneda, Tokyo. Udara cukup dingin saat itu, sekitar 8 derajat celcius. Untung kami sudah mengenakan pakaian dingin sedari Jakarta. Beres urusan imigrasi, kami mampir ke Tokyo Information Center untuk membeli Tokyo Subway Ticket seharga 1500 yen, bisa digunakan untuk pemakaian tidak terbatas Tokyo Metro Line dan Toei Line selama 3 hari kalender.

Kami menunggu sebentar hingga pukul 24.00 lewat sebelum membeli tiket Keikyu Line (rute Haneda – Tokyo) untuk keesokan harinya. Tiket Keikyu Line hanya berlaku pada tanggal pembelian, artinya jika kami membelinya pukul 23.00, tiket tidak bisa digunakan di hari berikutnya.

Sekedar informasi, Keikyu Line beroperasi dari pukul 05.30 hingga 24.00. Usahakan membeli tiketnya sebelum pukul 05.00 pagi karena antriannya akan panjang mengular. Tiket bisa dibeli di vending machine tepat disebelah Tokyo Information Center.

Setelah membeli tiket Keikyu Line dan Tokyo Metro Ticket, kami mencari tempat untuk tidur di bandara. Carilah tempat di lantai 4-5 karena relatif lebih sepi dan tidak banyak orang lalu lalang. Jika ingin mencari makan, bisa pergi ke toko Lawson di basement yang buka 24 jam dan menjual makanan cepat saji khas Jepang seperti onigiri dan bento.

Cara menuju Tokyo dari Bandara Haneda
- Belilah tiket Keikyu Line seharga 410 yen.
- Naik kereta jurusan Shinagawa.
- Jika menggunakan Tokunai Pass, bisa turun di Stasiun Shinagawa lalu dilanjut naik kereta JR (JR Yamanote Line) menuju tempat tujuan.
- Jika menggunakan Tokyo Subway Ticket (seperti saya), turun di Stasiun Sengakuji, bukan di Stasiun Shinagawa, lalu dilanjut naik Tokyo Metro menuju tempat tujuan.
- Tidak ada perbedaan harga tiket kereta untuk tujuan Shinagawa ataupun Sengakuji, sama-sama 410 yen.