Senin, 09 Mei 2016

Jalan - Jalan di Gili Trawangan, Lombok

Sebetulnya saya tidak sengaja berkunjung ke Gili Trawangan. Karena sailing komodo (via Bangsal) yang saya ikuti baru berangkat beberapa hari kemudian, kenapa tidak untuk melipir kesana 2-3 hari.


Dari Bali saya naik fast boat rute Padang Bai-Gili Trawangan selama hampir 2 jam lamanya. Kalau naik kapal ferry, bisa lebih dari 5 jam untuk sampai ke Pelabuhan Lembar. Itupun masih harus disambung naik angkot menuju Pelabuhan Bangsal sebelum menyebrang naik kapal kayu ke Gili T. Meski tarif reguler fast boat lebih mahal, tapi dengan memakai tiket promo dari Groupon harganya jadi tidak berbeda jauh. Dan terhindarlah saya dari "tersiksa" selama 5 jam di atas kapal.


Setiap hari di Gili T. kerjaan saya hanya leyeh-leyeh di pinggir pantai. Malamnya mencoba kuliner lokal di alun-alun kota lalu dilanjut bar hopping. Benar-benar tempat paling pas untuk melakukan ritual sedikit dugem, sedikit dijemur. Pantas jika Gili T. dijuluki Ibiza-nya Indonesia.





Selama di Gili T., saya sempat ikutan island hopping ke 3 gili, Gili T., Gili Air, dan Gili Meno. Tur dimulai pukul 10 dan berakhir sekitar pukul 4 sore. Harganya 120rb, sudah termasuk jasa tour guide, sewa kapal, sewa alat snorkeling, makan siang, dan mengunjungi 3 spot snorkeling.




Kalau snorkeling di Gili T., besar kemungkinan kita ketemu penyu. Tempat favorit saya ada di Turtle Point, di bagian utara Gili T. Saat terbaik kesana adalah ketika matahari tenggelam, saat temperatur air tidak terlalu panas, barulah banyak penyu bermunculan dekat bibir pantai. Pernah saya sampai ketemu 5 penyu sekaligus dalam sekali snorkeling.





Aktifitas lain yang bisa dilakukan adalah keliling pulau naik sepeda. Kios rental sepeda banyak tersebar dengan tarif sewa 35-50rb perhari. Saya paling suka gowes ke bagian barat pulau untuk mengejar sunsetDengan berlatar Gunung Agung di Pulau Bali, sunset Gili T. adalah salah satu yang terindah.


Gili T. memang semakin ramai setiap tahunnya. Modernisasi sudah tampak disana-sini, bahkan kini sudah ada ATM, Wifi, mini market, dan listrik 24 jam. Untungnya peraturan yang melarang adanya kendaraan bermotor masih tetap berlaku, membuat udara di Gili T. segar sepanjang hari. Semoga kelestarian alam disana tetap terjaga hingga kelak nanti.


@williamkellye

2 komentar:

  1. Hi,
    Tour island hopping ke 3 gili yg recommended dimana ya? Thanks!

    BalasHapus
  2. Gilitrawangan sungguh indah, luar biasa.

    BalasHapus

JALAN - JALAN DI SEOUL KOREA - PART 1

Kalau ditanya pilih Jepang atau Korea, saya pilih Jepang. Tapi kalau ditanya pilih Tokyo atau Seoul, jelas saya pilih Seoul! Saya bukan...