Senin, 12 September 2016

Jalan - Jalan di Eropa (Intro)

Saat bumi gonjang-ganjing dilanda tiket promo ke Eropa seharga 5 jutaan oleh 2 maskapai full services timur tengah: Qatar dan Etihad, pada bulan November 2015, seketika langsung saya melakukan pembelian impulsif tiket Kuala Lumpur-Amsterdam dan Roma-Jakarta. Entah apa yang mendasari pemilihan rute tersebut, yang terpenting saya dapat menjejakkan kaki di Eropa pada Bulan Juni 2016.

Agak bertaruh memang bepergian ke Eropa selama 15 hari lamanya selagi menyandang status pekerja kantoran. Apakah cuti saya nantinya akan di approve sepertinya menjadi urusan belakangan. Paling tidak tiket pesawat murah sudah di tangan. Lagipula cuti kerja selama 15 hari masih dalam batas wajar dan 15 hari merupakan jumlah hari ideal untuk menikmati Benua Eropa. Tidak terlalu sebentar, tidak terlalu lama, dan tidak terlalu mahal.

Lalu mau kemana saja selama berada di Eropa? Apakah ingin mengambil rute mainstream Eropa Barat, rute eksotis Eropa Timur, rute Mediterranean Eropa Selatan, atau gabungan ketiganya. Disini pertimbangan budget dan preferensi pribadi menjadi penentu utama rute perjalanan.

Setelah melakukan riset yang tidak sebentar, Eropa Barat bukanlah destinasi murah bagi penduduk negara dunia ketiga. Namun disanalah banyak terdapat kota primadona dunia yang semua orang pasti tahu. Sedangkan Eropa Timur dan Eropa Selatan sama-sama menawarkan keunikan yang tidak biasa namun relatif lebih terjangkau.

Tapi namanya juga sudah kepalang tanggung. Sudah jauh-jauh berada di Amsterdam sayang rasanya kalau tidak sekalian mempir ke Paris. Meski apa-apanya serba mahal di Eropa Barat namun masih bisa diatasi dengan lama tinggal tidak terlalu lama. Lalu setelah Paris, saya sedikit gundah apakah melanjutkan perjalanan menuju Spanyol dan berakhir di Italia. Atau berbalik arah menuju Jerman kemudian turun ke Swiss dan Italia.

Setelah dihitung-hitung ternyata tidak sedikit biaya yang mesti dikeluarkan untuk transportasi berpindah negara di Eropa. Walaupun ada Eurorail Global Pass tapi tetap saja jatuhnya tidak murah karena bertepatan dengan peak season dimana harga-harga terkerek naik dan lagi saya sudah tidak berumur dibawah 26 tahun. Sementara harga promo budget airlines terkadang malah lebih murah jika dipesan jauh-jauh hari. Juga harga tiket bus sejuta umat Megabus yang sering menawarkan harga miring, bahkan sampai 1 euro sekali jalan.

Melihat beberapa tiket promo maskapai penerbangan dari Paris menuju Eropa Selatan, tercetuslah ide untuk menghabiskan sisa hari di Eropa dengan mengunjungi negara di mediterranean. Mulai dari Santorini dan Athena di Yunani lalu lanjut ke Firenze, Pisa, Cinque Terre, dan berakhir di Roma. Memang rute yang saya pilih ini sedikit tidak lazim namun setelah itinerarynya selesai dibuat, saya betul-betul puas dengan hasilnya. Baik dari segi biaya, efisiensi waktu, serta keunikan dan ciri khas masing-masing tempat yang dikunjungi.

Santorini, Yunani
Cinque Terre, Italia
Day 1 :   Jakarta to Kuala Lumpur by Airasia / Kuala Lumpur to Amsterdam by Etihad Airlines  / Amsterdam (Museumplein, Rijkmuseum, Van Gogh Museum, Dam Square)
Day 2 : Amsterdam (Zaanse Schans, Volendam, Amsterdam Central, Bloemenmarkt, Albert Cuypstraat)
Day 3 : Amsterdam to Paris by Megabus
Day 4 : Paris (Chateu de Versailles, Eiffel Tower, Champs Elysees, Arc de Triomphe, Basilica Sacre Cour, Montmarte)
Day 5 : Paris (Musee du Louvre, Notre Dam, Opera, Gallery Lafayette, Pont Alexander III Bridge, Invalides, Musee D’Orsay)
Day 6 : Paris to Santorini by Aegean Airlines
Day 7 : Santorini (Fira, Oia)
Day 8 : Santorini (Fira, Firostefani)
Day 9 : Santorini (Fira, Perissa) / Santorini to Athens by Blue Star Ferries
Day 10 : Athens (Piraeus, Acropolis, Syntagma Square, Monastiraki, Flea Market, Temple of Zeus, Plaka, Anafiotika, Metro Mall)
Day 11 : Athens to Rome by Ryan Air / Rome to Firenze by Trenitalia
Day 12 : Firenze to Pisa by Trenitalia / Pisa to Cinque Terre by Trenitalia / Cinque Terre to Firenze by Trenitalia
Day 13 : Firenze to Rome by Trenitalia
Day 14 : Rome (Vatican, Piazza di Spagna, Piazza del Popolo, Piazza di Trevi, Piazza Navona, Pantheon, Roman Forum, Colosseum)
Day 15 : Rome to Jakarta by Etihad Airlines


@williamkellye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar