Jumat, 27 Oktober 2017

Under Tuscany Sun and Cinque Terre

Di Italy sehari 3 kota? Terdengar ambisius memang. Tapi Do Able kok. Dengan rute Firenze-Pisa-Cinque Terre-Firenze, semuanya berhasil saya jelajahi dalam 1 hari saja.

Perjalanan saya mulai dengan naik Kereta Regionale dari Firenze S. M. Novella ke Pisa (EUR 8.40/1.5 jam). Turun di Pisa Centrale, beli karcis bus di kios koran, lalu cuss naik bus 15 min ke Menara Pisa. Bisa juga sih jalan kaki kesana. Cuman biar cepat sampai dan hemat waktu, saya naik bus. Pilih window seat biar bisa sekalian ngintip pemandangan kotanya.

Di Menara Pisa jalan-jalan sekitar 2 jam muter-muter bangunan kompleksnya, keluar masuk toko souvenir, terus duduk di taman sambil makan bekel.

Jam 12 sudah di Stasiun Pisa Centrale lagi untuk naik Kereta Regionale ke Cinque Terre (EUR 10.70/1 jam). Ada 5 desa cantik disana (Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernaza, Monterosso) . Pinginnya sih ke lima-lima nya. Tapi Karena keterbatasan waktu saya hanya bisa mengunjungi Manarola dan Riomagiorre.

Sampai di Manarola saya langsung jatuh hati dengan kotanya yang bewarna pastel. Seluruh sudut kotanya menarik untuk dijelajahi meskipun jalanannya menanjak. Must do list disana window shopping sambil makan gelato terus ikutin jalan setapak ke arah luar desa sampai terlihat Manarola dari kejauhan.

Di Manarola terdapat juga akses langsung menuju pantainya. Meskipun pantainya berbatu, tapi lumayan asik dibuat renang pas siang-siang. Atau kalau doyan kegiatan ekstrim, bisa  cobain cliff jumping dari salah satu tebing tertinggi disana.

Puas jalan-jalan di Manarola saya  lalu naik kereta 5 menit menuju Riomagiorre. Desa lainnya yang juga sukses mencuri perhatian saya dengan bangunan kotanya yang ikonik. Jalanan di Riomagiorre juga berkontur menanjak tapi setimpal dengan pemandangan indah kanan kirinya. Must do list disana, beli calamari di kios Mamma Mia Take Away terus lanjut nongkrong cafĂ© pinggir laut sambil nonton sunset. Ahh.. life is good!

Pukul 7 malam saya balik ke Firenze naik kereta Regionale (EUR 16.70/2.5 jam). Sampai di Firenze jam sekitar jam 9.30 malam. Apakah langsung balik ke hotel? Tentu saja tidak karena saya ingin lanjut jalan-jalan malam di pusat kota Firenze. Memang sudah banyak toko yang terlihat tutup namun masih tampak keramaian disana sini.

Yang paling saya sukai dari Firenze, kotanya sangat ramah bagi pejalan kaki karena jarak satu tempat dengan lainnya saling beredekatan (within walking distance). Dengan menggunakan peta gratisan dari hotel, malam itu saya mengunjungi Katedral Duomo yang ikonik, replika patung David di Piazza della Signoria, serta jembatan Ponte Vecchio yang terkenal, sebelum akhirnya kembali ke hotel untuk beristirahat setelah seharian keliling 3 kota di Italy. Ciao Tuscany! See you again.